Cara Install Mikrotik ( Router OS ) di VirtualBox - Koneksi Winbox


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Semangat pagi untuk kita semua, Kali ini saya akan membagikan tutorial atau Cara Install Mikrotik ( Router OS ) di VirtualBox, dimana kita sudah tau bahwa mikrotik adalah sebuah perangkat keras routerboard yang sangat populer digunakan untuk manajemen sebuah jaringan, baik jaringan bersekala kecil mauapun bersekala profesional yang cakupannya sangat besar. tapi perlu anda ketahui bahwa mikrotik juga tersedia dalam bentuk sistem operasi, 

Keunggulan Mikrotik Berbasis Sistem Operasi itu bisa kita install di PC atau Virtual Mesin, Untuk keperluan belajar kita tidak perlu membeli routerboardnya. tapi kalau ingin membelipun bisa karena harganya masih terjangkau. selain diinstal di pc dan virtual, mikrotik OS ini bisa diinstal di Cloud Server untuk kebutuhan jaringan secara Advanced.

Alat dan Bahan yang Harus disediakan

  1. Laptop / Pc
  2. Software VirtualBOX , Bisa Download disini
  3. MikrotikOS, Bisa Downlaod disini
  4. Aplikasi Winbox disini

Cara Installasi

  1. Buka Aplikasi VirtualBox kemudian pilih Machine > New untuk membuat virtual machine yang baru atau klik icon New seperti pada gambar.


  2. Setelah itu beri nama Mikrotik OS ( Bebas ) selanjutnya untuk Type dan Version pilih saja Other. Lanjut dengan memilih Next.


  3. Untuk Memori 64 MB saja sudah cukup, tinggal pilih Next untuk melanjutkan.


  4. Kemudian kalian pilih Create a virtual hard disk now kemudian pilih Create.


  5. Setelah itu pilih VDI (VirtualBox Disk Image) kemudian pilih Next.


  6. Selanjutnya kalian pilih Dynamically allocated kemudian pilih Next.


  7. Selanjutnya milih kapasitas hardisk, 2 GB sudah cukup, selanjutnya anda pilih Create.


  8. Selanjutnya kita akan memasukan MikrotikOS yang tadi didownload berbentuk ISO. Klik Setting.


  9. Masuk menu Storage lalu pilih Empty dan klik ikon DVD. Kemudian pilih Choose Disk File, cari file ISO (mikrotik-6.33.iso) RouterOS Mikrotik Kemudian Open.


  10. Agar Sistem Operasi kita terbaca di winbox kita lakukan Pengaturan jaringan,  pilih menu Network. Ceklis Enable Network Adapter, Kemudian pada Attached to pilih Host Only Adapter, kemudian Ok


  11. Kemdudian klik start.


  12. Kita akan Install semua fitur yang diperlukan dengan cara menekan tombol a kemudian tekann i lalau y untuk melanjutkan proses instalasi fitur-fitur yang dipilih. ( Pastikan Package terceklis semua atau ada tanda x nya )


  13. Sebelum menekan enter untuk reboot pastikan DVD ISO yang tadi dimasukan, kita cabut dulu dengan cara klik Devices > Optical Driver -> Remove Disk From Virtual Disk -> Force Unmount Kemudian klik enter untuk reboot.


  14. Proses installasi sudah selesai. Selanjutnya kita akan login. Mikrotik login : admin , Password : Kosong. tekan Y , Tekan Q kemudian Enter.


  15. Maka tampilannya akan seperti dibawah ini.


  16. Selanjutnya buka aplikasi winbox apakah sudah terbaca di Neighbors



Nah Seperti itulah Cara Install Mikrotik ( Router OS ) di VirtualBox - Koneksi Winbox yang dapat dilakukan tanpa perlu router Router asli. Semoga bermanfaat and Happy Configuration :)