pasang kabel UTP

Assalamualaikum wr wb.
wah maaf nich baru posting lagi soalnya lagi sibuk buat ngurusin pelajaran yang ketinggalan waktu wan ikutan LKS,, Untuk posting sekarang wan bakalan ngebahas tentang gimana caranya membuat sambungan kabel UTP secara straight dan cross,, pengen tau gimana cara masangnya makannya jangan kemana-mana klik ja

Kabel Network terdiri atas 2 jenis yaitu Straight-through Cable dan Crossover Cable. Tujuan dan penggunaannya sama, hanya berbeda pada orientasinya saja, Straight Cable digunakan untuk menghubungkan beberapa client dengan menggunakan bantuan hub atau switch sebagai network manager. Sedangkan Crossover Cable, dapat digunakan untuk menghubungkan 2 unit client secara langsung, ataupun menghubungkan single computer dengan router.
untuk membuat samabungan kabel kita harus memerlukan peralatan dan bahan yang harus disediakan.


  1. Kabel UTP
    Kabel UTP sebetulnya ada beberapa kategori yaitu dari kategori 1 – 7 yang sering digunakan untuk LAN biasanya kategori 5 atau sering disebut cat-5.cat 1: sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) telephone dan ISDN.



  2. RJ-45 Connector

    dah pada tau donk rj-45 kaya apa, wan disini cuma bahas cara pasangnya ja yuach

  3. Crimp Tool
    Awas loch bukan crimping yang bisa dimakan , kalo ntu namanya emping,, hehehe lanjutyuach

  4. Kabel Tester
    nah ini sangat penting, karna berfungsi untuk mengecek apakan sambungan kabelnya terpasangan sengan benar ngga..lanjut

  5. susunan kabel
    Ada yang belum tau susunan kabel straight ma cross??
    nyantai wan punya gambarnya ko,ni








  6. untuk alat kayannya cuma segitu, paling snack ma minuman dingin heheh




nah sekarang cara memasangkannya:


  • Siapkan semua peralatan terutama kabel, konektor RJ-45 dan Crimping tool. yang tadi loch

  • Kupas bagian luar kabel (pembungkus kabel-kabel kecil) kira-kira sepanjang 1 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada crimp tool (bagian seperti dua buah silet saling berhadapan itu untuk mengupas)

  • Susun kabel sesuai dengan keperluan. Untuk konektor pertama selalu susun dengan susunan standar untuk Stright atau T568A. Apabila anda merasa kurang nyaman dengan susunan kabel coba tarik sedikit semua kabel yang telah dikupas sementara tangan yang satu lagi memegang bagian kabel yang tidak terkupas. Kemudian susun kembali dengan cara memelintir dan membuka lilitan pasangan kabel.

  • Rapihkan susunan kabel dengan cara menekan bagian yang dekat dengan pembungkus kabel supaya susunan kabel terlihat rata.

  • Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel (bagian yang hanya memiliki satu buah pisau dan satu bagian lagi datar pada crimp tool adalah pemotong kabel) sampai rapih. Usahakan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel tidak lebih dari 1cm.
  • Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. Kalau masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabel tidak berubah.

  • Setelah anda yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimpt tool untuk di pres. Ketika konektor dalam kondisi didalam crimp tool anda bisa memastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian dapet RJ-45 dengan cara mendorong kabel kedalam RJ-45. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk kedalam konektor RJ-45.

  • Kemudian anda bisa menekan crimp tool sekuat tenaga supaya semua pin RJ-45 masuk dan menembus pelindung kabel UTP yang kecil. Apabila anda kurang kuat menekan kemungkinan kabel UTP tidak tersobek oleh pin RJ-45 sehingga kabel tersebut tidak konek. Dan apabila pembungkus bagian luar tidak masuk kedalam konektor RJ-45, apabila kabel tersebut sering digerak-gerakan, kemungkinan besar posisi kabel akan bergesar dan bahkan copot.

  • Lakukan langkah-langkah diatas untuk ujung kabel yang satu nya lagi.

  • Apabila anda yakin sudah memasang kabel UTP ke RJ-45 dengan kuat selanjutnya adalah test dengan menggunakan LAN tester apabila ada. Apabila anda tidak memiliki LAN tester jangan takut anda cukup melihat kembali kabel yang sudah terpasang, memastikan bahwa anda sudah cukup kuat memasang nya dan semua ujung kabel terlihat dari bagian depan RJ-45 maka hampir bisa dipastikan pemasangan kabel UTP tersebut sukses.

  • wah ternyata banyak juga yuach, hehe tapi bagi orang IT atau TKJ, itu ngga da kata ngga bisa masang kabel UTP, semoga bermanfaat ..

Previous
Next Post »

10 komentar

Click here for komentar
17 June 2009 at 10:15 ×

Siapapun...

Eh aku juga pnah tuh trus gagal pd pcobaan ptama, tp yg penting smoga bisa ya

Reply
avatar
BoedaKBageur
admin
17 June 2009 at 12:25 ×

wuih, hebat euy si wandhe

Reply
avatar
jeehad020190
admin
1 February 2010 at 01:35 ×

sip2...
comment balik y...
http://jemput-rizki.blogspot.com

Reply
avatar
Anonymous
admin
8 August 2010 at 14:05 ×

Most of the collars are made from Swarovski Austrian christian louboutin cheap uk Crystal in a variety of colors making each piece stand out on its own. christian louboutin shoes uk sale Imagine your cat walking around in a 3 stranded collar made of crystals. christian louboutin shoes sale If you can’t picture that try a choker with her first initial, simple and elegant. louboutin shoes sale Not only does she design collars for your cat but she provides beautiful charms to be christian louboutin sale shoes attached to them. The prices range from $25 on up. If you like her uk christian louboutin creations for your dog you might even like it for yourself

Reply
avatar
Mahardhieka
admin
14 August 2011 at 13:56 ×

Gan, Bedanya Straight sama Cross apa ?

Reply
avatar

Silahkan tinggalkan komentar, setiap komentar yang anda berikan akan bermanfaat bagi wan , Silahkan tulis menurut anda tentang postingan di atas: ConversionConversion EmoticonEmoticon